8 Tips Berbelanja Cerdas

Table of Contents

Berbelanja Juga Harus Cerdas Untuk Keuangan Anda, Bacalah Tips Belanja Cerdas omahinf.com
 
Tips Berbelanja Cerdas untuk keuangan keluarga lebih baik
Tips Berbelanja Cerdas, source: omahinfo.com


Salam sobat omahinfo,
Salah satu hal yang paling menyenangkan dan di tunggu kaum pria dan wanita pada khususnya adalah berbelanja. Apalagi jika menjelang Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Selain itu juga lapar mata ketika berbelanja menjadi kebiasaan buruk manusia saat Anda jalan-jalan. Berawal dari hanya ingin melihat malahan berujung membeli bahkan memborong barang karena pengendalian diri yang kurang. Ditambah lagi beberapa marketplace yang menyedikan kemudahan berbelanja dalam masing-masing aplikasinya.

Kebiasaan inilah yang membuat Anda menjadi berlebihan atau boros sebelum akhir bulan dan kebutuhan harian Anda tidak terpenuhi. Sebenarnya ada beberapa tips sederhana untuk membuat pengeluaran dan pemasukan Anda tiap bulannya terkendali yaitu dengan menggunakan tips berbelanja cerdas baik ketika jalan-jalan maupun ketika harbolnas tiba. Sebelum kita masuk ke tips berbelanja cerdas itu apa saja, mari kita pelajari terlebih dahulu tentang harbolnas.

Pengertian Harborlnas

Harbolnas singkatan dari Hari belanja nasional bisa dikatakan sebagai hari yang meriah bagi seluruh penyedia barang (brand) dan para pembeli barang online. Hal ini dikarenakan adanya diskon besar-besaran berbanding lurus dengan peningkatan pembelian yang secara tak langsung akan meningkatkan pendapatan brand meskipun harga itu sudah mengalami diskon. 
 
Bahkan tidak jarang pula beberapa orang yang sampai menyiapkan dana khusus yang ditabungnya dari jauh-jauh hari demi bisa berbelanja di ajang Harbolnas.

Jumlah Traksaksi Harbolnas

Dari tahun ke tahun jumlah atau total transaksi pada Halbolnas meningkat, hal ini mungkin disebabkan oleh antusiasme masyarakat. Itulah yang menjadi pendorong bagi semua brand yang kemudian menjadi sebuah tantangan untuk menentukan langkah marketing, konten, dan strategi media yang tepat untuk memaksimalkan momen ini, dan dengan harapan mampu menjual produk sebanyak-banyaknya. 

Untuk menghadapi acara ini, Anda harus memanfaatkan tips berbelanja cerdas supaya pengeluaran dan pemakukan Anda tetap seimbang. Penasaran seperti apa tips berbelanja cerdas, mari baca lebih dalam artikel ini.

Berbelanja

Belanja adalah suatu kegiatan dimana Anda hendak membeli suatu produk atau jasa karena Anda membutuhkanya untuk sesuatu hal.

Belanja merupakan pemerolehan barang atau jasa dari penjual dengan tujuan membeli pada waktu itu. source: wikipedia

Berbelanja adalah kegiatan yang paling disukai oleh banyak kalangan tak terkecuali pria dan wanita. Belanja sendiri sangat menyenangkan karena kita bisa mendapatkan barang yang kita inginkan, tapi hal itu menjadi ancaman jika kita terlalau impulsif dalam berbelanja. Belanja yang terlalu impusif bisa mengakibatkan efek yang buruk untuk keuangan Anda dan keluarga, jadi belajarlah untuk belanja cerdas. Seperti apa dan tips belanja cerdas itu, mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Tips Berbelanja Cerdas

Berbelanja cerdas bisa dikatakan sebagai sebuah tindakan berbelanja yang mampu membedakan barang yang sangat dibutuhkan dan barang yang tidak dibuthkan untuk menghindari kondisi keuangan yang tidak sehat. Sebelum Anda berbelanja pastikan Anda membaca beberapa tips dibawah ini dengan seksama dan pahami seksama, ditambah lagi masa pandemi covid-19 masih berlangsung, berikut ini beberapa tips berbelanja cerdas, yaitu: 

1. Membuat Anggaran

Sebelum berbelanja, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat anggaran berdasarkan kemampuan dan kebutuhan Kalian. Anggaran ini adalah jumlah uang yang dapat Anda belanjakan setelah Anda menghitung pemasukan serta pengeluaran. Yang harus dingat adalah Anggaran ini tidak boleh melebihi pemasukan Kalian setelah seluruh kebutuhan Kalian dan keluarga terpenuhi. Bukan berarti anggaran hanya dapat disusun sebelum berbelanja.

2. Pisahkan Kebutuhan dan Keinginan

Kebutuhan dan Keinginan adalah dua hal yang berbeda, namun lingkungan sekitar Anda yang membuat Anda kesulitan untuk membedakan. Periksa kembali barang yang sudah Anda miliki dan masih bisa digunakan, jika ada barang yang yang sama dengan apa yang ingin Anda beli maka itu hanyalah keinginan semata. Oleh karena itu, pahami dulu seberapa penting dan butuh Anda dengan barang-barang yang hendak Anda beli.

3. Mencatat Daftar Belanja

Alangkah baiknya, Anda membuat daftar belanja dimana yang akan Anda beli adalah barang-barang yang Anda butuhkan dan sembari ada memperhatikan adanya diskon yang ditawarkan. Jangan pernah lupa untuk mengecek kembali barang yang telah Anda miliki dan barang apa yang hanya jadi keinginan saja.

4. Pastikan Uang Tunai Di Dompet Tidak Berlebihan

Jumlah uang yang berlebihan dalam dompet Anda membuat Anda tergiur dan akan mudah membelanjakan unag tersebut. Lebih baik bawa uang secukupnya, selain itu untuk berjaga-jaga bisa membawa uang lebih sekitar 10% dari jumlah yang akan Anda gunakan sesuai daftar belanja.

5. Berkonsultasi Pada Orang Lain

Jika Anda adalah seseorang yang berbelanja secara impulsif dan tidak dapat menahan diri, maka sebaiknya Anda harus berkonsultasi pada orang lain, khususnya orang terdekat kalian seperti istri, orang tua dan bahkan teman sejawat kalian. Secara tidak langsung mereka akan mengingatkan Anda untuk tidak lewat batas. Setelah Anda melakukan berbagai persiapan, maka Anda harus berkomitmen melakukannya. Namun sebagai manusia, pasti memiliki momen ‘khilaf’.

6. Belanja Online

Perkembangan teknologi membuat banyak sekali marketplace yang bermunculan dengan mewarkan berbagai produks bervariatif dengan harga bersaing baik antar sesama toko di maketplace yang sama maupun berbeda dan toko konvensional. Jika dibandingkan ongkos kirim dengan waktu yang harus Anda keluarkan untuk menuju toko konvensional mungkin layak untuk Anda pertimbangkan. 

7. Melakukan Perbandingan Harga

Pada saat diskon, hal yang sering dilakukan para konsumen adalah membeli dengan buru-buru karena takut barang atau produk yang diinginkan habis terjual. Padahal cara ini akan merugikan Anda, karena barang yang dibeli belum tentu sesuai. 

Selain kualitas dan kegunaan barang, Anda juga harus memastikan bahwa Anda telah mendapatkan barang dengan kualitas dan harga terbaik. Label diskon pada suatu produk tidak berarti barang atau produk tersebut akan lebih murah dari harga normal.
Baca Juga : Tips Keuangan Sehat
Anda pun harus tetap membandingkan harga sale dengan harga normal di platform lainnya. Mungkin saja Anda mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah, tanpa ada embel-embel diskon. Untuk itu, gunakan waktu Anda dengan bijak ketika berbelanja. Jangan terburu-buru membeli barang. Jangan terlalu mudah tergiur dengan penawaran harga diskon. Jika memang barang yang ingin Anda beli telah habis terjual, mungkin saja memang nasib berkata lain.

8. Evaluasi Setelah Berbelanja

Momen setelah berbelanja adalah momen yang menyenangkan dan juga menegangkan bahkan menyeramkan. Momen tersebut akan menyenangkan apabila Anda dapat mencoba barang dengan perasaan nyaman tanpa dihantui perasaan takut. Tetapi momen menyenangkan tersebut dapat menjadi menegangkan bahkan menyeramkan, ketika Anda kurang bertanggung jawab dengan keuangan.

Setelah berbelanja yang harus Anda lakukan akadalah mengevaluasi catatan pengeluaran untuk menghitung anggaran untuk bulan berikutnya dan dapat dijadikan bagian dari evaluasi diri. Apabila Anda terlanjur berbelanja melebihi anggaran, maka Anda akan tahu berapa jumlah kelebihannya dan barang apa saja yang telah dibeli. Anda akan lebih sadar diri dan mengontrol sifat belanja impulsif tersebut lain kali.

Kesimpulan

Itulah artikel yang mengupas tentang beberapa tips berbelanja cerdas untuk pemenuhan kebutuhan hidup keluarga Anda menjadi lebih baik, karena Anda banyak mempertimbangkan berbagai aspek atau faktor sebelum menentukan untuk membeki suatu barang. Jika ada yang keliru atau Anda ingin menambhakan tips belanja cerdas menurut Anda, silahkan tuliskan dikolom komentar. Semoga rtikel ini bermanfaat dan terima kasih.
dedi_i
dedi_i Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment